Literatur Kimia

Sumber literatur kimia ada 2 yaitu sumber primer dan sekunder. Sumber primer adalah tempat pertama seorang ilmuan mengungkan hasil penelitiannya di media cetak termasuk jurnal ilmiah, proseding konferensi yang diterbitkan, disertasi atau tesis, dan paten. Sumber sekuder merupakan publikasi yang menyediakan akses ke literatur primer. Jenis-jenisnya ada banyak, diantaranya indeks dan abstrak, monograf, ensiklopedi, dan kumpulan data. 

Jenis dari literatur primer diantaranya yaitu :

1. Jurnal
Sumber daya terpenting bagi sebagian besar ilmuan. Sebuah studi menunjukkan bahwa 94% dari kutipan dalam literatur kimia adalah artikel jurnal. Beberapa jurnal dipublikasikan oleh sekelompok ilmiah, yang paling penting untuk jurnal kimia adalah American Chemical Society (ACS) dan Royal Society of Chemistry. Beberapa lainnya diterbitkan oleh publisher komersial seperti Elsevier, Academic Press, Marcel Dekker, Wiley, dan Springer.

2. Proseding
Pertemuan adalah peluang penting untuk pertukaran informasi. Ketersedian makalah dari pertemuan ini sangat bervariasi. Beberapa ada yang merupakan full paper dan juga abstrak yang dibagikan pada pertemuan itu saja atau diterbitkan dalam beberapa format. Kumpulan dari abstrak dan makalah dalam pertemuan tersebut tertuang dalam proseding.

3. Form Publikasi
Form publikasi terdiri dari buku yang terdiri dari kumpulan abstrak, full paper yang dipublikasikan sebagai buku, symposia yang disajikan sebagai bagian dari pertemuan besar dapat diterbitkan dalam buku. 

4. Disertasi
Sumber untuk menemukan desertsai yaitu ACORN mencakup catatan untuk disertasi Vanderbilt. Disertasi dari lembaga lain dapat dipesan melalui pinjaman antar perpustakaan. Disertasi abstrak adalah sumber informasi terbaik.

5. Jurnal Ilmiah
Tipe jurnal ilmiah yaitu :
  a. Berdasarkan isi
      - Short communication
      - Full paper
      - Hybrids
      - Review
  b. Berdasarkan subjek
      - General
      - Specialty

Jenis dari literatur sekunder yaitu :

1. Indeks dan abstrak
Setiap disiplin ilmu memiliki setidaknya datu indeks utama/ abstrak.

2. Review Publications
Diterbitkan secara periodik seperti Chemical Reviews.

3. Ensiklopedia
Merupakan sumber yang baik untuk informasi dasar ketika memulai projek baru. Biasanya ditulsiskan oleh ahli dibawah pengarahan editor yang berpengetahuan luas di bidangnya.

4. Kumpulan data
Bahan yang dipilih dari sumber primer dan disusun untuk memudahkan akses. Data dapat dievaluasi sebelum dimasukkan. Seringkali lebih berguna untuk menemukan data/ spektrum tertentu daripada mencari sumber utama.

Post a Comment

2 Comments